Manfaat Belajar Ilmu Kimia

            Mungkin ada beberapa orang bertanya-tanya tentang apa manfaat mempelajari ilmu kimia. Manfaat yang segera kita dapat ketika mempelajari ilmu kimia adalah pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung di dalamnya,
sehingga kita dapat mengontrol perubahan ini demi keuntungan bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Di artikel sebelumnya telah dibahas tentang perbedaan air dan alcohol. Jika sifat mudah terbakar pada alcohol dipertanyakan kepada orang yang tidak mempelajari ilmu kimia, mungkin ia akan menjawab dengan mengatakan “sudah begitu dari asalnya”. Akan tetapi orang yang sudah mempelajari ilmu kimia dapat menjelaskan sifat tersebut secara rasional.

            Manfaat yang lebih jauh dari belajar ilmu kimia dalah untuk mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita, misalnya pembuatan sabun dari minyak sawit. Dunia modern merupakan dunia dimana manusia menjadi terbiasa dengan kemudahan yang diperoleh dari ilmu kimia. Pikirkanlah tentang sabun, pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastic, obat-obatan, pupuk, pestisida, bahan bakar, cat, bumbu masak, dan berbagai jenis makanan olahan. Semua itu merupakan hasil dari penerapan ilmu kimia.

            Hamper dari semua bahan keperluan kita, sedikit-banyak, baik langsung atau tidak langsung, mengalami sentuhan  kimia. Bukan hanya bahan keperluhan sehari-hari, ilmu kimia juga punya andil besar dalam berbagai jenis produk tekhnologi seperti pesawat televise, mesin pendingin,dan pesawat terbang. Material yang digunakan untuk berbagai produk tersebut memerluhkan komposisi dan sifat khusus yang ditemukan oleh para ahli kimia. Sebagai contoh industry mobil, mulai dari logam kerangkanya dan mesinnya, cat, ban, plastic, serta kaca untuk komponen lainnya. Semua itu memerluhkan pengetahuan kimia. Dimasa yang akan dating, dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah sementara daya dukung alam yang terbatas, peran ilmu kimia akan semakin penting.


           Manfaat lain dari belajar kimia adalah pembentukan sikap. Dalam mempelajari ilmu kimia atau ilmu pengetahuan pada umumnya, kita senantiasa berhadapan dengan masalah dan berusaha memecahkannya secarasistematis. Sering kali masalah dalam ilmu kimia yang sukar. Sebenarnya kerumitan itu akan ,menjadi suatu keuntungan jika disikapi dengan benar. Apabila kita menjadi terbiasa menghadapi masalah, ke,udian memecahkan secara logis dan terencana, maka kebiasaan itu akan membantu kita dalam menghadapi persoalan hidup sehari-hari. Di atas segalanya itu, ilmu kimia akan menunjukkan kepada anda betapa teraturnya ala mini, baik alam makro maupun mikro. Kiranya semua itu akan menambah kekaguman kita kepada sang Allah SWT.

1 Comments

Previous Post Next Post